Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Alasan Mengapa Menjalankan Usaha Sampingan

Ambar Gunawan

Usaha sampingan seringkali dianggap sebagai sebuah usaha yang dinomor duakan dari aktifitas kerja utama. Padahal ada banyak kasus mengapa usaha sampingan begitu penting dan bahkan sangat berpeluang untuk menjadikan seseorang lebih berkecukupan. Bahkan beberapa contoh kasus telah membuktikan bahwa usaha sampingan bisa menjadi usaha utama yang dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada gaji yang kita dapatkan di tempat kerja kita.


Sebenarnya tidak ada usaha sampingan, yang ada adalah “ usaha utama” yang lain. Sehingga dalam menyikapi usaha sampingan, maka kita pun harus menganggap bahwa usaha sampingan kita adalah bisnis utama yang harus kita kelola dengan sebaik mungkin agar menghasilkan hasil yang maksimal. Agar anda lebih maksimal, mari simak alasan mengapa anda harus mencoba menjalankan usaha sampingan entah anda sudah bekerja dengan gaji besar maupun bagi anda yang gajinya tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari – hari.


1. Usaha Sampingan Melatih Kepemimpinan

Bagi anda, seorang pekerja yang terbiasa diperintah oleh atasan. Seringkali lebih mudah menjalankan perintah daripada memerintah dengan benar. Seorang pemimpin tentu tahu harus bisa memutuskan suatu hal kemudian merencanakannya baru kemudian anda harus bisa mendelegasikan tugas – tugas tersebut dalam bentuk perintah kepada bawahan. Dengan menjalankan usaha sampingan, anda akan terbiasa untuk berani mengambil keputusan, anda akan berlatih bagaimana menjadi seorang pemimpin saat mempertimbangkan berbagai kemungkinan dari segi analisa SWOT dan seringkali anda harus mampu memotivasi pekerja anda agar mereka bisa bekerja dengan baik tanpa adanya beban.


2. Melatih Bisnis

Seorang pekerja lebih sering melakukan hal – hal yang menjadi rutiitas kerja. Pikirannya lebih cenderung monoton dan kurang kreatif. Berbeda dengan para pebisnis yang dituntut untuk terus berinovasi, melakukan evaluasi agar tidak tergusur dari dunia persaingan bisnis. Dengan menjalankan usaha sampingan anda akan dilatih bagaimana menjalankan bisnis dengan benar. Bagaimana anda mengatur modal anda agar menjadi income yang berlipat – lipat setelah di kelola. Anda akan dilatih bagaimana meningkatkan penghasilan dengan modal yang sama besarnya. Dari usaha sampingan anda akan berlatih banyak hal, namun tentunya anda harus bersiap dengan kegagalan dan kerugian.


3. Peluang Pensiun Dini

Siapa yang tak ingin menjadi seorang yang dapat mencapai financial freedom, atau kebebasan financial. Mereka yang dapat meraihnya biasanya bisa mendapatkan pensiun dini maksudnya anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk mencari nafkah karena segala kebutuhan anda telah terpenuhi dari usaha anda. Jika anda sudah menjadi bos, anda tinggal memainkan uang anda untuk menggaji orang dan orang tersebutlah yang nantinya akan menjalankan usaha anda.


4. Melatih Kreatifitas

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, menjalankan bisnis sampingan juga menjadikan anda lebih kreatif. Dampaknya juga bisa berimbas pada pekerjaan anda, anda akan lebih kreatif didunia kerja dengan berbagai inovasi baru yang bisa anda dapatkan dan anda lakukan. Dengan menjalankan bisnis sampingan anda akan terbiasa untuk memadukan berbagai hal untuk mendapatkan hal baru, anda akan menjadi seorang yang pandai mencari celah peluang kemudian berkreasi dan dengan kreatifitas anda, Anda akan menghasilkan uang yang bisa sangat besar tergantung bagaimana usaha anda dalam mengelolanya.


Saya yakin anda adalah seorang pejuang yang tidak akan lelah dengan tantangan, tantangan selalu menghadirkan hal baru di dunia anda. Jangan terbiasa untuk hidup dalam satu jalan. Keluarlah dari zona nyaman, agar anda mendapatkan keberhasilan dalam usaha dan bisnis anda.