Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Bisnis Usaha Sampingan Jamur Tiram


Peluang bisnis Jamur tiram ~ merupakan salah satu jamur pangan yang digemari oleh masyarakat termasuk di Indonesia. Jamur yang memiliki nama latin Pleurotus ostreatus ini memiliki bentuk yang menyamping seperti tiram. Pada jamur yang telah siap konsumsi, warna jamur menjadi putrih dan permukan yang sedikit licin.  Jamur ini biasa ditemui di daerah pegunungan yang sejuk dan tumbuh diatas kayu. Maka dari itu, biasanya pembudidaya mencoba untuk membuat media tanam yang menyerupai habitat aslinya yaitu serbuk kayu atau bekas gergajian kayu.


Jamur tiram menjadi begitu digemari tentu karena rasanya yang enak dan gurih serta memiliki kandungan gizi yang tinggi. Berdasarkan penelitian di Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, kalori, karbohidrat dan air. Tak hanya itu, di dalam jamur tiram juga terdapat berbagai serat dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Dengan berbagai kelebihan dan manfaat ini, maka tidak heran jika jamur tiram kemudian di budidadayakan oleh masyarakat dan dijadikan sebagai sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. 

                             Ilustrasi Baglog Jamur                            


Prospek Pasar. 

Melihat minat masyarakat terhadap jamur tiram. Banyak sekali petani jamur yang kemudian mencoba peruntungan di dalam bisnis ini. Prospek pasar pun terbilang bagus sebagai contoh adalah Jawa Barat. Setiap harinya, provinsi ini menghasilkan sekitar 10 ton, angka ini tentu membuktikan betapa produktifnya peluang usaha ini. Bahkan dari total seluruh kebutuhan nasional dalam negeri, Indonesia baru mampu memenuhi kebutuhan nasional dalam negeri sebanyak 50%. Ini tentu sangat bagus mengingat pasar dalam negeri masih terbuka lebar karena permintaan masih tinggi belum lagi permintaan luar negeri. 

Jamur tiram ini kemudian dapat di olah menjadi berbagai olahan yang sangat bervariasi mulai dari oseng jamur, hingga jamur crispy yang sudah terkenal itu. Siklus bisnis yang semakin bervariasi ini semakin mendukung pertumbuhan peluang usaha budidaya jamur sehingga antara produksi dengan permintaan akan akan seimbang bahkan permintaan lebih besar daripadan produksi sehingga tidak akan takut kelebihan barang. 


Kisah Sukses Peluang Usaha Budidaya jamur.

Salah satu pembudidaya yang telah sukses dalam bisnis budidaya jamur tiram ini adalah Katari. Beliau adalah seorang petani jamur dari daerah Batu Malang. Katari mengawali bisnis budidaya jamur di tahun 2007 dengan moal yang berasal dari patungan. Awalnya dia hanya membudidayakan 800 baglog.
Selanjutnya beliau mencoba untuk membuat baglog siap panen. Bisnis ini semakin berkembang pesat, permintaan meningkat bukan hanya dari daerah sekitar tempat tinggalnya namun juga berasal dari luar kota. Kini, ia telah berpenghasilan Rp. 15 juta dalam sebulan dan telah memperkerjakan warga yang tinggal di dekat lokasi usaha. Keberhasilan Katari tentu bukan tanpa halangan, namun berkat ketekunan maka halangan tersebut kemudian dijadikan sebagai media belajar yang akan membuatnya lebih tahu bagaimana membudidayakan jamur yang benar.


Selain menjual baglog siap panen dan membudidayakan jamur, Katari mengaku siap menampung jamur untuk kemudian di distribusikan ke berbagai daerah yang berarti Katari telah melakukan siklus bisnis yang sangat bagus dengan meraup pembibitan, pemeliharaan hingga distributor jamur.
Anda pun bisa menjalankan peluang usaha budidaya jamur ini dengan modal yang seadanya, untuk pemula anda bisa membeli baglog yang siap panen sehingga tugas anda adalah merawat baglog serta memanennya setiap hari selama 4 bulan. Penghasilannya lumayan dan tentu butuh ketekunan.


Semoga saja artikel tentang peluang usaha budidaya jamur ini dapat memberi inspirasi kepada anda dan kita semua dijadikan sebagai pengusaha pengusaha sukses yang mampu memajukan perekonomian Indonesia.