Peluang Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Sampingan contoh cv, contoh surat resmi, pertanyaan

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Dari Limbah

Rianda Nafisa

Peluang Usaha Rumahan | Dalam berbisnis tak melulu kesuksesan milik mereka yang punya modal besar, yang punya modal kecil juga memiliki peluang yang sama besar untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis hanya saja dengan modal kecil maka kerja keras harus lebih besar. Kebanyakan orang yang sukses adalah mereka yang memulainya dari nol. Bukan mereka yang memiliki modal besar, modal besar jika tidak di kelola dengan benar maka hanya akan menjadikan uang yang telah di keluarkan hilang di telan kerugian.


Untuk anda yang tidak memiliki modal besar, anda bisa memanfaatkan limbah untuk bisnis anda. Salah satu peluang usaha rumahan yang sangat potensial yang dapat anda jalankan adalah peluang bisnis dari bahan - bahan limbah. Barang - barang hasil industri yang tidak terpakai, atau yang di sebut dengan limbah, ternyata dapat mendatangkan uang untuk tambahan penghasilan.

Berikut ini satu artikel untuk anda 

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Dari Limbah

Usaha Rumahan Limbah Kayu

Salah satu contoh pengusaha yang telah berhasil melakoni usaha ini adalah Pak Asdari seorang warga Lampung yang awal mulanya adalah seorang buruh pabrik. Dengan kreatifitas yang dimilikinya serta kemampuannya dibidang pertukangan, Pak Asdari mencoba memanfaatkan limbah kayu dari pabrik kayu yang merupakan tempat bekerjanya dulu. Hasilnya sangat lumayan, kini omzet pendapatannya mencapai angka Rp. 40 juta. 

Anda juga bisa sukses seperti pak Asdari, asalkan anda kreatif, anda bisa memanfaatkan limbah kayu untuk berbagai keperluan seperti meja lipat, meja dan kursi makan, Aksesoris atau furniture dsn lain sebagainya.

Usaha Rumahan Limbah Kertas

Usaha limbah ini sudah sangat umum, hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat usaha jenis ini. Jika di total, rata - rata produksi limbah kertas tiap rumah tangga 0.8Kg/hari atau sebanyak 288Kg/Tahun. Sedangkan produksi limbah kertas skala nasional mencapai 1.599.000 ton pertahunnya.
Data diatas jelas menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis dibidang limbah kertas. Anda bisa mengumpulkan limbah kertas kemudian anda jual kepada pengepul kertas. Jika anda bisa lebih kreatif lagi, anda bisa membuat bubur kertas kemudian anda bentuk menjadi aksesoris yang bernilai ekonomi. 

Usaha Rumahan Limbah Plastik

Plastik merupakan salah satu hal yang tidak akan dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Plastik menjadi satu unsur yang menjadi bahan pokok kebutuhan perlengkapan manusia mulai dari perlengkapan dapur, furniture, perdagangan bahan pendidikan. Dari sini kemudian ada banyak limbah plastik yang biasanya akan berakhir dengan cara di kubur atau di bakar.

Namun tahukah anda bahwa dari sampah plastik dapat menjadikan anda kaya raya? Begitulah yang terjadi di China, seorang wanita kreatif berhasil menjadi milliarder karena sampah plastik yang ia daur ulang. Untuk dapat menjalankan bisnis ini, anda perlu mencari chanel atau jaringan pengepul sampah plastik. Bahkan, BPPT juga menyediakan kursus pelatihan untuk pengolahan sampah plastik. Jika anda berminat, anda bisa searching di google dengan pencarian teknologi limbah plastik.

Masih ada banyak peluang usaha rumahan yang di dapat dari limbah sebenarnya. Namun, karena keterbatasan ruang akan saya teruskan pada kesempatan mendatang.

Baca juga artikel usaha umahan untuk pemula di sini

Terima kasih atas kunjuangan anda, salam sukses untuk kita semua.